search:
|
PinNews

Wakil Menkes Sebut Banyak Lansia Terpapar Covid-19 Usai Lebaran

carrisaeltr/ Kamis, 03 Jun 2021 19:16 WIB
Wakil Menkes Sebut Banyak Lansia Terpapar Covid-19 Usai Lebaran

Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono melaporkan kasus penularan COVID-19 pada kelompok lanjut usia (lansia)

PINUSI.COM – Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono melaporkan kasus penularan COVID-19 pada kelompok lanjut usia (lansia) mengalami peningkatan usai libur Lebaran 2021. Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat pun menilai strategi jemput bola dalam vaksinasi COVID-19 untuk lansia harus segera digencarkan, dengan harapan dapat menekan potensi terpapar COVID-19 pada kelompok tersebut.

Strategi jemput bola vaksinasi sendiri adalah dengan cara mendatangi rumah para lansia atau diantarkan ke tempat-tempat vaksinasi COVID-19. Dengan demikian, bisa mempercepat capaian vaksinasi COVID-19 secara nasional demi mencapai kekebalan komunal atau herd immunity.

"Kelompok rentan seperti lansia harus mendapat perhatian khusus dalam vaksinasi COVID-19. Apalagi pasca-Lebaran tahun ini ada kecenderungan peningkatan positif di kalangan lansia," ujar Lestari Moerdijat dalam keterangannya, Kamis (03/06/2021).

Lebih lanjut, Lestari menjelaskan meningkatnya kasus positif COVID-19 pada lansia bisa jadi dipengaruhi berbagai faktor, di antaranya belum terbentuknya kesadaran menjalankan protokol kesehatan di lingkungannya. Selain itu, karena dampak terjadinya pergerakan orang antarwilayah pada periode Lebaran atau mulai gencarnya test COVID-19 di sejumlah daerah sehingga banyak kasus positif COVID-19 terungkap.

Menurut Rerie, sapaan akrab Lestari, di samping upaya meningkatkan kedisiplinan dalam menjalankan protokol kesehatan, seperti memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak dan menghindari kerumunan, para pemangku kepentingan harus segera melakukan jemput bola untuk mempercepat kelompok lansia mendapatkan vaksinasi COVID-19. Dengan sudah divaksin, diharapkan jumlah kelompok lansia yang terlindungi dari ancaman COVID-19 semakin banyak.

Data dari laman www.vaksin.kemkes.go.id, per Rabu (2/6) tercatat dari sasaran vaksinasi untuk lansia sebanyak 21,55 juta orang, baru sebanyak 3,38 juta orang lansia telah divaksinasi dosis pertama dan 2,22 juta lansia disuntik vaksin COVID-19 dosis kedua. Target itu, baru dapat dicapai kalau 181,5 juta penduduk Indonesia sudah divaksinasi COVID-19.

Sedangkan, berdasarkan catatan Kementerian Kesehatan, kecepatan vaksinasi COVID-19 secara nasional pada bulan ini mencapai 500 ribu vaksin per hari. Lestari berharap, para pemangku kepentingan di pusat dan daerah berkolaborasi menerapkan berbagai strategi untuk mempercepat vaksinasi COVID-19 nasional mencapai target.

Di sisi lain, dia meminta, kesadaran masyarakat untuk disiplin menjalankan protokol kesehatan harus terus ditingkatkan, sehingga dapat menekan potensi penularan kembali akibat terpapar virus korona varian baru atau daya tahan tubuh yang menurun. Lestari juga berharap agar sosialisasi masif terkait vaksinasi COVID-19 dan disiplin protokol kesehatan konsisten dilakukan di setiap lapisan masyarakat agar upaya pengendalian COVID-19 berjalan dengan lancar.



Penulis: carrisaeltr

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook