search:
|
PinNews

40.021 Slot CPNS IKN Bakal Dibuka, 5 Persen Jatah Kaltim

Selasa, 02 Jul 2024 08:19 WIB
40.021 Slot CPNS IKN Bakal Dibuka, 5 Persen Jatah Kaltim

Ibu Kota Nusantara (IKN). Foto: Antara


PINUSI.COM, JAKARTA - Kementerian PANRB sedang mematangkan skema pemindahan ASN ke Ibu Kota Nusantara (IKN). Salah satunya lewat rekrutmen CPNS.

MenPAN RB Abdullah Azwar Anas menyatakan pemerintah akan segera mengumumkan formasi khusus CPNS. Untuk penempatan di IKN.

Pada tahap pertama, bersama Badan Kepegawaian Negara (BKN), terdapat 40.021 formasi CPNS di instansi pusat. Yang dialokasikan untuk di IKN.

"Rekrutmen baru ini akan menjadi pegawai instansi pusat yang ditempatkan pada unit kerja di IKN," katanya dikutip, Selasa (2/7).

Anas mencontohkan, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) misalnya. Bakal merekrut CPNS IKN. Penempatan ini sudah dihitung alokasinya secara khusus.

Rekrutmen tingkat pusat ini memberikan slot khusus untuk warga asli Kalimantan Timur. Porsinya 5 persen.

"Ini kesempatan bagi putra-putri Kaltim untuk terlibat dan mendedikasikan kemampuan terbaiknya bagi bangsa melalui IKN," ujar Anas.

Rekrutmen CPNS di IKN adalah salah satu strategi pemerintah. Mendorong pemindahan ASN ke IKN. Cara lainnya termasuk memindahkan ASN di instansi prioritas.

"Bagi ASN yang akan pindah pertama, akan mendapatkan tunjangan pionir yang besarannya sedang difinalkan bersama Menteri Keuangan," tambahnya.

Selain itu, pemerintah bakal memutasi pegawai dari pemda di sekitar IKN untuk menjadi ASN pusat. Mereka diberi kesempatan mengajukan mutasi untuk mengisi formasi di IKN.

"Mutasi ini tetap memperhitungkan efektivitas kinerja pada seluruh Pemda di sekitar IKN," tutup Anas.



Editor: Fahriadi Nur

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook