search:
|
PinNews

Pastikan Konsep Kota Hijau, DPR Cek Pembangunan PLTS IKN

Senin, 24 Jun 2024 19:01 WIB
Pastikan Konsep Kota Hijau, DPR Cek Pembangunan PLTS IKN

Ilustrasi Ibu Kota Nusantara (IKN). Foto: Antara


PINUSI.COM, JAKARTA - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI menggelar kunjungan kerja di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

Kunjungan tersebut bagian dari pengawasan pelaksanaan pembangunan energi baru terbarukan (EBT), dalam rangka memastikan komitmen pembangunan IKN sebagai kota hijau atau green city.

"IKN ini kami cek apakah betul membangun dengan konsep-konsep tersebut (green city) dilaksanakan," kata Ketua Komisi VII DPR RI Sugeng Suparwoto dalam keterangan di Jakarta, Senin (24/6).

Sugeng menegaskan bahwa pembangunan IKN dengan konsep kota pintar (smart city) dan kota hijau (green city) merupakan komitmen bersama. Terlebih, dalam pemanfaatan energi terbarukan sebagai bagian dari komitmen Indonesia dalam konteks net zero emission.

Sejauh pengamatan Komisi VII DPR RI, progres tahap pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di IKN sudah berjalan sebesar 10 MW dari total target 50 MW.

Ia juga menekankan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) perlu diperhatikan dalam pembangunan IKN. Sebab, hingga saat ini total APBN yang dianggarkan untuk infrastruktur per 2024 sudah mencapai kurang lebih Rp37 triliun.

"Sebagaimana komitmen pemerintah bahwa pembangunan IKN akan memanfaatkan APBN 20 persen dari budget IKN Rp466 triliun. Nah, inilah juga tadi kita menyaksikan langsung di lapangan memang telah terjadi bagaimana membangun secara masif 24 jam terus dikerjakan," pungkasnya.



Editor: Bethriq Kindy Arrazy

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook