search:
|
PinNews

Data BAIS Diretas, TNI Bakal Rekrut dan Didik Khusus Anggota Satuan Siber

Robby Nova Azhari/ Rabu, 10 Jul 2024 21:00 WIB
Data BAIS Diretas, TNI Bakal Rekrut dan Didik Khusus Anggota Satuan Siber

Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto ingin merekrut dan mendidik khusus anggota satuan siber TNI. Foto: Instagram/91agussubiyanto


PINUSI.COM - Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto ingin merekrut dan mendidik khusus anggota satuan siber TNI, sebagai respons terhadap peretasan data Badan Intelijen Strategis (BAIS) TNI.

"Masuk lewat rekrutmen khusus, nanti pendidikannya juga khusus, baru dia kita masukkan ke satuan siber," kata Agus, Rabu (10/7/2024).

Agus menyatakan, peluang bergabung dengan satuan siber TNI tidak akan terbatas pada lulusan Bintara, Tamtama, atau perwira, melainkan juga terbuka bagi mereka yang memiliki latar belakang teknologi informasi.

"Jadi memang dari mungkin kuliahnya atau SMA-nya sudah punya kemampuan IT," tambah Agus.

Agus juga menekankan, peretasan ini mendorong perubahan konsep dalam satuan siber, terutama dalam hal rekrutmen.

Ia juga menilai personel di satuan siber harus memiliki kemampuan IT yang kuat.

"Kami lagi evaluasi. Evaluasi dari SDM-nya, mungkin alat-alatnya juga harus bagus," tuturnya.

Sebelumnya, akun X bernama FalconFeeds.io mengunggah tangkapan layar penjualan data milik BAIS TNI, yang disebut dilakukan oleh entitas bernama MoonzHaxor di situs BreachForums.

Unggahan ini muncul bersamaan dengan gangguan pada sistem PDN yang disebabkan serangan ransomware brainchiper dari LockBit 3.0, yang melumpuhkan 210 layanan instansi pemerintah daerah dan pusat.

Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi menjelaskan, gangguan tersebut terjadi di Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) 2 di Surabaya, dan saat ini pemulihan sistem masih berlangsung. (*)



Editor: Yaspen Martinus
Penulis: Robby Nova Azhari

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook