google.com, pub-9849129221648607, DIRECT, f08c47fec0942fa0

search:
|
PinFood&Travel

3 Desa Wisata di Sulawesi Selatan, Ada Air Terjun Indah

ragil dwisetya utami/ Senin, 19 Feb 2024 09:30 WIB
3 Desa Wisata di Sulawesi Selatan, Ada Air Terjun Indah

Sulawesi Selatan dengan ibu kotanya, Makassar, memiliki desa wisata yang menarik untuk dikunjungi. Foto: Jadesta Kemenparekraf


PINUSI.COM - Sulawesi Selatan dengan ibu kotanya, Makassar, memiliki desa wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Mengutip dari laman Jadesta Kemenparekraf, berikut ini 3 desa wisata di Sulawesi Selatan: 

1. Balang Butung


Desa Wisata Balang Butung adalah sebuah desa yang terletak di Kecamatan Buki, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan.

Desa Balang Butung terkenal dengan pemandangan pantai yang menakjubkan, dengan pasir putih halus yang dikelilingi oleh tebing batu yang unik menyerupai relief sebuah candi, sebagian orang percaya tebing tersebut sengaja dibuat menyerupai tulisan Cina sebagai tanda berlabuhnya kapal-kapal dagang di masa lalu. 

Wisatawan dapat menghasilkan foto backdrop terbaik di tempat ini, juga menikmati pemandangan bawah laut dengan kegiatan snorkeling dan diving.

Di tengah-tengah Pantai Batulohe, juga terdapat Opu Batu Lohe berupa yang dipercayai oleh warga desa, merupakan kapal karam dari pedagang yang melawati laut di sekitar tempat ini.

Selain Pantai Batu Lohe yang menjadi ikon Destinasi Wisata, Desa Balang Butung juga masih memiliki beberpa potensi alam yang dapat dikunjungi, di antaranya Air Terjun Batu Karabek dan Puncak Pala.

2. Lembanna


Desa Lembanna dahulu menyatu, atau bagian dusun dari Desa Ara, karena adanya pemekaran desa tahun 1993, Desa Lembanna berdiri sendiri terpisah dari Desa Ara.

Dengan adanya pemisahan wilayah, maka serta merta apa yang menjadi tradisi yang ada di Desa Ara itu juga bagian dari tradisi yang ada di Desa Lembanna.

Desa wisata Lembanna memiliki spot utama tebing Batu Tongkarayya, nama ini  diambil dari bahasa lokal Kongjo Ara, yang berarti reruntuhan batu yang jatuh ke laut dan tersebar di sepanjang pantai ini.

Spot lain yang tak kalah menariknya adalah Pantai Mandala Ria, dengan pesona air yang jernih serta pasirnya yang putih lembut.

Belum lagi tebing mattoanging yang bertengger di atasnya, di mana pengunjung dapat menikmati hamparan laut teluk Bone dan Laut Banda serta Tanjung Bira, yang dapat kita saksikan di atasnya.

3. Kale Ko'mara


Kale Ko'mara memiliki destinasi wisata air terjun Timurung yang berada di Dusun Pa'lilanga, Kecamatan Polongbangken Timur, Kabupaten Takalar.

Untuk fasilitas wisata air terjun Timurung, selain kendaraan yang bisa langsung parkir di lokasi wisata, di wisata air terjun Timurung juga memiliki lahan parkir yang lumayan luas, dengan makanan tradisional sebagai jajanan yang harganya masih terbilang murah namun rasanya masih khas racikan bumbu.

Ada pula tempat MCK yang sudah difasilitasi pihak wisata, baik ruang ganti dan wc, selain itu juga sudah dibangun musala yang sudah dipermanenkan, yang bertujuan sebagai fasilitas pengunjung yang beragama muslim yang berkunjung.

Selain fasilitas yang sudah disediakan, lokasi air terjun yang asri sangat direkomendasikan bagi pengunjung yang membawa keluarga atau sanak famili untuk berkunjung ke wisata air terjun Timurung. 

Saat perjalanan ± 1,5 KM sebelum sesampainya di lokasi air terjun, terdapat macam-macam tanaman-tanaman hijau, pepohonan yang rindang (alami), keindahan alam pegunungan, dan pelangi pada pagi hari apabila cuaca cerah. (*)



Editor: Yaspen Martinus
Penulis: ragil dwisetya utami

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook