google.com, pub-9849129221648607, DIRECT, f08c47fec0942fa0

search:
|
PinFood&Travel

3 Desa Wisata di Sulawesi Barat, Instagramable dan Bersejarah

ragil dwisetya utami/ Senin, 19 Feb 2024 09:00 WIB
3 Desa Wisata di Sulawesi Barat, Instagramable dan Bersejarah

Sulawesi Barat memiliki desa wisata yang menarik untuk dikunjungi nih. Foto: Jadesta Kemenparekraf


PINUSI.COM - Sulawesi Barat memiliki desa wisata yang menarik untuk dikunjungi nih.

Selain terdapat spot yang instagramable, provinsi ini ternyata menjadi lokasi bangunan sejarah yang menceritakan perjuangan kemerdekaan Indonesia juga loh.

Berikut ini 3 desa wisata di Sulawesi Barat menurut Jadesta Kemenparekraf:

1. Bulo


Desa Wisata Bulo memiliki potensi unggulan, antara lain Agrowisata Kebun Raya Bulo seluas 500 Hektare, Wisata Edukasi Pertanian, Wisata Alam terdiri dari Negeri di atas Awan 5 Spot, Negeri Diatas Awan Bukit Senayan, Negeri Diatas Awan Bukit Anugrah, negeri Diatas Awan Puncak Uhai Sibali, Negeri Diatas Awan puncak Lemonipi, Negeri Diatas Awan Bukit Rimba Tameahung.

Kuliner khas desa ini adalah nasi bambu dan nasi bakar. Desa wisata Bulo ini masuk 300 besar desa wisata terbaik Indonesia versi ADWI 2023.

2. Balla Tumuka


Desa Balla Tumuka terletak di Kecamatan Balla, Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat.

Desa yang masih sangat tradisional ini memiliki keindahan alam yang menakjubkan dan sejuk.

Bahkan, rumah-rumah warga masih terkesan klasik dan sangat unik, terdapat juga pemandangan alam seperti Gunung Buntu Mussa dan Puncak Negeri di atas awan Buntu Liarra dan masih banyak keindahan alam lainnya.

Balla Tumuka' berada di Kampung Ballapeu' yang digelar Gallang rapak karena di kampung ini adalah tempat mengadakan Musyawarah satu Kehadatan Wilayah Ballatumuka dalam mengambil Keputusan Bersama.

Desa Balla Tumuka masuk ke dalam 300 besar desa wisata terbaik Indonesia versi ADWI 2023.

3. Betteng


Desa Betteng  memiliki keindahan pemandangan alam yang indah sebagai desa yang berada di ketinggian.

Namun, potensi ini baru mulai dikelola pada 2019, dengan memperbaiki infrastruktur, terutama jalan menuju lokasi yang memiliki potensi wisata. 

Tahun 2020 baru dibuat Benteng Ammanawewang untuk menjadi daya tarik wisata. Karena, Benteng Ammanawewang ini selain menceritakan kisah perjuangan kemerdekaan Indonesia di Majene, juga memberikan pemandangan alam dari ketinggian.

Sejak itu, Desa Betteng mulai dikenal oleh masyarakat lokal di Sulawesi Barat. Setelah itu pengelolaan wisata di Desa Betteng terus dikembangkan dengan dihadirkannya aula, kolam renang, dan homestay. (*)



Editor: Yaspen Martinus
Penulis: ragil dwisetya utami

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook