Hari Ini Jakarta Berulang Tahun Lho! Jadi Ingat Sosok Bang Ali

Oleh norman66Thursday, 22nd June 2023 | 07:10 WIB
Hari Ini Jakarta Berulang Tahun Lho! Jadi Ingat Sosok Bang Ali

PINUSI.COM - Hari ini Jakarta berulang tahun ke-496! Bisa jadi ini ulang tahun terakhir Jakarta sebagai Ibu Kota Negara. Karena sebentar lagi predikat sebagai Ibu Kota bakal pindah ke Penajam Kalimantan Timur.

Tidak afdol agaknya bicara ulang tahun Jakarta tanpa mengenang sosok Ali Sadikin atau yang akrab disapa 'Bang Ali'.

Bang Ali pernah menjabat Gubernur Jakarta selama dua periode 1966-1977.

Ada pameo yang menyatakan bahwa Bang Ali adalah Jakarta dan Jakarta adalah Bang Ali. Anggapan itu seratus persen benar! Tidak ada yang memungkiri kesimpulan itu.

Bahkan, Bang Ali juga pernah dinobatkan sebagai empu peradaban kota. Sebuah penghargaan yang diberikan Institut Kesenian Jakarta (IKJ) pada 2006 lalu.

Begitu popularnya Bang Ali sehingga ketika membahas soal sosok Jakarta agaknya tidak pas jika tidak juga menyinggung sosok Bang Ali.

Letnan Jenderal KKO Purnawirawan yang pernah terkaget-kaget ketika mendapat kue ulang tahun ke-50 tahunnya pada 7 Juli 1977.
Kue itu berasal dari seorang lelaki yang mengaku “rakyat kecil dari Johar Baru.” Si lelaki memberi kue itu sebagai tanda terima kasih karena kampungnya tidak becek lagi berkat proyek MH Thamrin.
Ketika menerima kue ulang tahun itu mata Bang Alin berkaca-kaca. Air mata menggantung di matanya.

Bang Ali dikenal tegas dan keras. Ia bahkan pernah menempeleng seorang supir karena terbukti membawa truk dan sampahnya berceceran di jalan.

Bang Ali ternyata juga bisa lembut selembut salju ketika dia turun langsung ke lapangan menangkap keluhan warganya. Kadang ia datang tanpa ajudan sama sekali.

Bang Ali kadang keluar dari aturan protokoler hanya karena ingin mendengar jeritan rakyatnya.

Karena itu, tokoh pers, Mochtar Lubis dalam pengantar buku Bang Ali Demi Jakarta 1966-1977 yang ditulis Ramadhan KH menyatakan, Jakarta dan Indonesia beruntung mempunyai seorang putera Indonesia seperti Bang Ali yang dengan ketetapan hati menerima tugas dan tanggung jawab yang demikian berat ketika dilantik Presiden Ir. Soekarno menjadi gubernur Jakarta tahun 1966.

Saat menjadi gubernur Jakarta, perekonomian negeri ini benar-benar terpuruk. Jakarta sama sekali tidak menerima kucuran bantuan sepeser pun dari pemerintah pusat. Bang Ali pun lantas memutar otak. Ia lantas melegalkan praktik perjudian meski tahu resikonya: ditentang habis oleh tokoh agama ketika itu.

Tidak salah Ir Soekarno mengangkat Bang Ali. Ternyata perwira marinir ini dikenal “keras kepala” dan “berani”. Jakarta ketika itu memang menbutuhkan seorang gubernur yang keras kepala dan berani. Dan, pilihan itu jatuh kepada seorang Ali Sadikin alias Bang Ali.

Menggusur dan Membangun

Banyak pihak yang memuji sosok Bang Ali bahkan hingga kini. Pria kelahiran Sumedang, Jawa Barat ini belakangan menjalankan program “menggusur dan membangun” dan tetap dicintai rakyatnya.

Ia begitu favorit di mata rakyatnya. Dia mampu menangkap masalah secara komprehensif dan mencetuskan solusi yang menjadi tantangannya.

Bang Ali pernah bertutur. Begini, “Ayah saya merakyat, keras dan disiplin.”

Nilai itulah yang kemudian mengalir dalam darah Bang Ali. Sang ayah yang mendirikan dan menjadi guru sekolah pertanian di Tanjungsari, Sumedang, Jawa Barat selalu mengajarkan bagaimana hidup merakyat. Bergaul dengan rakyat dan berani membuang keturunan ningkrat keluarganya dan menguburkan dalam-dalam budaya feodal.

Salah satu prinsip yang patut dipuji dari seorang Bang Ali adalah dirinya terbuka terhadap kritik. Dia tidak alergi dengan hal itu. Hal itulah yang kemudian melahirkan apa yang belakangan dikenal sebagai Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta.

LBH adalah gagasan Adnan Buyung Nasution. Namun, Bang Ali setuju dan berdirilah LBH Jakarta. Tujuannya adalah untuk mengawasi kinerja aparatnya termasuk dirinya.

Selain itu, LBH juga menjadi wadah bagi rakyat kecil mengadu; menyampaikan keluhan dan uneg-unegnya. Hingga kini LBH masih berdiri tegar.

Dalam buku Gita Jaya, Bang Ali mengungkapkan apa yang dipikirkannya ketika menjadi gubernur DKI Jakarta. Ia sadari bahwa mengelola Jakarta tidak bisa hanya memikirkan bagian per bagian, memikirkannya secara parsial.

Pengelolaan Jakarta adalah “rangkaian yang saling berkaitan dari subsistem sarana dan prasarana, subsistem sosial budaya, subsistem ekonomi kota dan subsistem politik dan pemerintahan.

Bahkan, Bang Ali selalu melihat sebab, akibat dan pengaruh satu kebijakannya terhadap kebijakan lainnya dan sasaran pembangunannya adalah manusia.

Dengan kata lain, tertulis atau tidak, pembangunan Jakarta sebagai metropolitan berlandasan satu konsep yang padu, jangka panjang dan semua itu ditujukan untuk manusianya. Sama sekali jauh dari kepentingan politik atau balas budi. Atau ingin tampil beda sehingga mengobrak-abrik kebijakan yang sebelumnya pernah ada.

Goenawan Mohamad (GM) berpendapat sukses Ali Sadikin adalah membuat Jakarta percaya pada dirinya sendiri.

Katanya, dalam sejarah Jakarta, setidaknya ketika dia datang ke kota ini di tahun 1960, baru Ali Sadikin-lah yang berhasil membuat kota ini percaya dirinya sendiri.

Di bawah kepemimpinannya, Jakarta mengatasi lethargy yang menahu, mengatasi suasana lembek dan lamban, mengatasi sikap syak akan perubahan. Berangsur-angsur kota ini mengatasi sikap curiga kepada pelbagai hal yang baru dan melawan sikap pasrah yang menganggap bahwa yang buruk tidak akan bisa diubah menjadi baik.

Bicara soal Jakarta adalah juga bercerita tentang sosok Bang Ali. Rakyat mengenalnya sebagai gubernur yang mau mendengarkan orang dan keberaniannya untuk mengubah sikapnya kalau dia merasa telah berbuat salah. Ini bukan sesuatu yang mudah tetapi Bang Ali mampu melakukan itu.

Agaknya Jakarta masih membutuhkan nilai-nilai dari seorang sosok Bang Ali. Tidak salah meniru jika itu memang benar dan baik bagi kemaslahatan bersama. Mengapa tidak? Bang Ali adalah cerita sukses bagaimana seorang gubernur membangun sebuah kota bernama Jakarta dengan hati dan berada di atas semua golongan.

Predikat Ibu Kota bagi Jakarta boleh lenyap tetapi kenangan atas jasa Bang Ali agaknya tidak bisa dilupakan begitu saja.

Selamat ulang tahun ke-496 Jakarta!(*)

https://pinusi.com/pinnews/wow-gubernur-dki-jakarta-beli-mobil-dinas-jeep-dengan-anggaran-23-miliar-rupiah/
Editor: Norman Meoko

Terkini

GP Mandalika Tidak Laku ? Tiket Baru Terjual Segini
GP Mandalika Tidak Laku ? Tiket Baru Terjual Segini
PinSport | in 4 hours
Polisi Masih Buru IS, Tersangka Pembunuhan Penjual Gorengan, Keluarga Minta IS Menyerahkan Diri
Polisi Masih Buru IS, Tersangka Pembunuhan Penjual Gorengan, Keluarga Minta IS Menyerahkan Diri
PinNews | in 4 hours
Spoiler Lengkap One Piece Chapter 1127: Petualangan Baru di Negeri Misterius Elbaf
Spoiler Lengkap One Piece Chapter 1127: Petualangan Baru di Negeri Misterius Elbaf
PinTertainment | in 4 hours
IShowSpeed Pecahkan Rekor Live Streaming 1 Juta Penonton  di Indonesia Selama Tur Asia
IShowSpeed Pecahkan Rekor Live Streaming 1 Juta Penonton di Indonesia Selama Tur Asia
PinTertainment | 12 hours ago
Batik Diklaim Milik  Malaysia, IShowSpeed: Batik Dari Indonesia
Batik Diklaim Milik Malaysia, IShowSpeed: Batik Dari Indonesia
PinTertainment | 12 hours ago
Hindari Makanan Ini Untuk Kalian yang Sedang Diet
Hindari Makanan Ini Untuk Kalian yang Sedang Diet
PinRec | 13 hours ago
Game Viral "Flappy Bird" Akan Hadir Kembali
Game Viral "Flappy Bird" Akan Hadir Kembali
PinTect | 13 hours ago
Apple Resmi Luncurkan iOS 18 dengan Segudang Fitur Baru: Apa Saja Fitur yang Menarik?
Apple Resmi Luncurkan iOS 18 dengan Segudang Fitur Baru: Apa Saja Fitur yang Menarik?
PinTect | 14 hours ago
30 Pemain Timnas Indonesia U-20 Siap Bertarung di Kualifikasi Piala Asia U-20 2025
30 Pemain Timnas Indonesia U-20 Siap Bertarung di Kualifikasi Piala Asia U-20 2025
PinSport | 15 hours ago
Sempat Jadi Barang Favorit Emak-Emak Indonesia, Kini Tupperware Resmi Ajukan Bangkrut
Sempat Jadi Barang Favorit Emak-Emak Indonesia, Kini Tupperware Resmi Ajukan Bangkrut
PinNews | Wednesday, 18th September 2024 | 14:52 WIB