search:
|
PinNews

Ranking Global Indonesia Naik, Jokowi Klaim Kalahkan Inggris

Senin, 24 Jun 2024 20:00 WIB
Ranking Global Indonesia Naik, Jokowi Klaim Kalahkan Inggris

Presiden Joko Widodo mengeklaim daya saing Indonesia di ranking global naik signifikan. Bahkan melewati Inggris. Foto via presidenri.go.id


PINUSI.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersyukur. Meski ekonomi dunia dilanda ketidakpastian, daya saing Indonesia naik signifikan 2024 ini.

"Rangking daya saing kita di dunia naik dari posisi 44 ke 34. Sekarang melompat lagi ke angka 27. Ini dari IMD atau world competitiveness ranking," kata Jokowi pada Sidang Kabinet Paripurna di Istana Negara, Jakarta, Senin (24/6).

Kata Jokowi, Indonesia berhasil mengalahkan Inggris (28), Malaysia (34), Jepang (38), Filipina (52) dan Turki (53).

Apalagi, memperbaiki rangking di kondisi global yang tak menentu saat ini tidaklah mudah. Bahkan, Jepang turun tiga peringkat dan Malaysia turun tujuh level.

Jokowi mengingatkan kementerian dan lembaga untuk mencermati kondisi global saat ini. Begitu juga ekonomi nasional.

"Jepang turun tiga peringkat karena pelemahan mata uang dan penurunan produktivitas. Malaysia turun tujuh peringkat karena pelemahan mata uang dan masalah stabilitas politik. Stabilitas politik, mata uang, dan produktivitas sangat penting," ujarnya.

Jokowi mengeklaim kenaikan daya saing Indonesia didukung oleh pemerintahan, dunia usaha, ekonomi serta undang-undang cipta kerja. Membuat iklim bisnis di Indonesia semakin kompetitif karena ketenagakerjaan dan produktivitas yang membaik.

Namun, Jokowi menilai dunia kini berada dalam ketidakpastian tinggi. Di tengah ekonomi yang sulit dan ketegangan geopolitik di Timur Tengah.

"Inflasi dunia terus naik, depresiasi nilai tukar menekan ekonomi semua negara," tuturnya.



Editor: Fahriadi Nur

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook