search:
|
PinNews

Pakar Ekonomi Tak Heran Jokowi Batal Berkantor di IKN Bulan Ini

wisnuhasanuddin/ Rabu, 10 Jul 2024 15:00 WIB
Pakar Ekonomi Tak Heran Jokowi Batal Berkantor di IKN Bulan Ini

Presiden Jokowi batal berkantor di IKN bulan ini. Foto: INSTAGRAM@IKNID


PINUSI.COM - Pakar Ekonomi dari Insitute for Development of Economics and Finances (INDEF) Eko Listiyano merespons terkait batalnya pemindahan kantor Presiden Jokowi ke Ibu Kota Nusantara (IKN).

Eko tidak heran dengan batalnya pemindahan kantor Jokowi, karena proyek IKN memang proyek jangka panjang. Sehingga, fasilitas perlu disiapkan agar sesuai standar.

"Menunda untuk berkantor di IKN ya tidak masalah ya, karena ini memang perlu kesiapan banyak aspek secara teknis maupun non teknis."

"Karena ya mau berkantor itu presiden begitu, nomor satu di Indonesia," katanya.

Eko juga menuturkan, penundaan pemindahan kantor merupakan sinyal IKN memang belum siap sepenuhnya.

Sehingga, Eko meminta pembangunan IKN dirampungkan terlebih dahulu, terutama aspek fasilitas dasar.

Eko juga mempertanyakan fasilitas dasar yang belum siap, sedangkan pemerintah gencar ingin memindahkan IKN ke Kalimantan untuk ditempati pada Agustus 2024.

"Katakanlah segalanya siap di Agustus, itu juga salah satu time frame yang terlalu cepat, menurut saya memang ini harus dilakukan dengan proper lah, kira-kira begitu," tuturnya.

Ia menilai, pembatalan ini membuat ragu para investor, dan akan tertarik jika aktivitas ekonomi IKN sudah benar-benar berjalan.

"Kalau dalam waktu dekat, saya rasa memang untuk investor ini berita yang kurang menggembirakan buat mereka, walaupun juga belum banyak yang investasi," paparnya. (*)



Editor: Yaspen Martinus
Penulis: wisnuhasanuddin

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook